Rabu, 07 September 2011

LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN OSIS 2009/2010

I.           PENGANTAR
Dengan memanjatkan puji dan syukur kepada Tuhan Yang Maha Pengasih dan Maha Segalanya, atas berkat yang dilimpahkan kepada  SMA NEGERI  1  PANDAWAI teristimewa kepada kami Pembina dan Pengurus OSIS SMA NEGERI  1  PANDAWAI Tahun Pelajaran 2009 / 2010 dengan usaha yang maksimal boleh melaksanakan dan mengemban amanat yang telah dipercayakan kepada kami. Adapun serah terima kepengurusan OSIS Tahun Pelajaran 2008 / 2009 adalah jabatan Pembina OSIS dan Pengurus OSIS yang telah terlaksana pada upacara bendera hari; tanggal: Senin, 02 Agustus 2009 dengan acara yang berlangsung secara sistematis. Oleh karena itu, lewat kesempatan ini kami akan mempertanggungjawabkan kegiatan kami dalam bentuk laporan sederhana yang baru kami coba pada tahun pelajaran 2009 / 2010.
   Pergumulan SMA NEGERI  1  PANDAWAI  saat itu adalah tentang bagaimana memberikan pelayanan yang efektif dan intensif dalam rangka memelihara kehidupan dan dinamika sekolah yang dapat menyesuaikan dengan keberadaan sekolah-sekolah lain dalam berbagai kegiatan terutama kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan Organisasi Siswa Intra Sekolah yang merupakan kebutuhan ekstrakurikuler bagi peserta didik bahkan masyarakat disekitar sekolah. Dengan upaya yang berkesinambungan  dan  konsisten kami harus mengatasi beban pergumulan tersebut dengan rasa loyal dan tanpa pamrih.
Salah satu tugas berat OSIS SMA NEGERI  1  PANDAWAI dalam menopang kegiatan pada sebuah sekolah adalah tersusunnya program kegiatan pelayanan yang ditunjang oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah dan dana awal ketika pendaftaran peserta didik yang baru.
Pengelolaan keuangan OSIS bukanlah sekedar masalah teknis keuangan semata-mata, melainkan haruslah dikelola dengan penuh rasa tanggung jawab dan rasa takut akan Tuhan dan diyakini dengan iman yang sungguh bahwa untuk melaksanakan tugas ini,Tuhan tentu hadir dan bekerja ditengah-tengah Pembina dan Pengurus OSIS sehingga semua kegiatan keuangan menjadi sarana untuk memperlancar kegiatan yang telah direncanakan dalam INFORMASI RENCANA KERJA OSIS (IRKO).
II.          PROGRAM KERJA
Program kerja OSISI SMA NEGERI  1  PANDAWAI Tahun Pelajaran 2009 / 2010 berorientasi pada upaya meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang merupakan Sumber Daya Sekolah (SDS) melalui upaya memperbaiki dan meningkatkan kemampuan mengelola dan memanage kegiatan OSIS. Kegiatan tersebut terangkum dalam IRKO. Dengan demikian pokok-pokok program adalah sebagai berikut:
I.                     Program Rutin
A.       Kegiatan Keseluruhan
B.       Kesekretariatan
II.                    Program Seksi
A.       Kebersihan, Keindahan dan Kerapihan
B.       Olah Raga dan Kesenian
C.      Kesaksian dan Pelayanan Kerohanian
Selanjutnya program-program di atas dijabarkan lagi dalam kegiatan-kegiatan operasional yang disebut Informasi Rencana Kerja OSIS (IRKO).
I.           Folded Corner: 9PENJELASAN DAN URAIAN
NO
ANGGARAN
KETERANGAN
I.















II.




.
PROGRAM RUTIN
A.     KEGIATAN KESELURUHAN







B.     KESEKRETARIATAN





PROGRAM SEKSI
A.     KEBERSIHAN,  KEINDAHAN DAN KERAPIHAN
B.     OLAH RAGA DAN KESENIAN
C.    KESAKSIAN DAN PELAYANAN KEROHANIAN

Merupakan kegiatan yang diramu sedemikian baik lewat kerapatan OSIS pengurus terpilih yang diputuskan berdasarkan asas musyawarah dan mufakat. Kegiatan-kegiatan ini meliputi Mereorganisasi kepengurusan OSIS pada awal tahun pelajaran, Mendapatkan hasil kongkrit secara nyata yang berbeda pada tahun pelajaran sebelumnya dalam bentuk material tepat waktu, Terjadinya perubahan secara klasikal perilaku peserta didik, Mendukung kelas XII. Aktiftaspun tersaji sebagai berikut; Pembubaran/Pemilihan pengurus OSIS secara demokrasi, Pagar kelas, merampungkan mading, penghijauan, bak sampah, Ibadah sekolah, upacara, paskibraka.

Merupakan dapur kegiatan pelaksanan OSIS, dimana asas kesekretaritan umum menjadi acuan. Adapun beberapa kegiatan ini adalah bertujuan tersedianya sarana dan peralatan kerja yang memadai dengan harapan Pengadaan ATK (termasuk Foto Copy), Pengadaan dan  pemeliharaan inventaris, Melaksanakan rapat OSIS, Kunjungan tamu agar berjalan optimal.

Merupakan penjabaran dari seluruh rangkaian kegiatan di atas terutama dapat terlihat hasil secara nyata yang dapat dinikmati bagi sipaja saj yang berkempatan singgah di lembaga pendidikan SMA NEGERI  1  PANDAWAI.


II.          PENUTUP
Berdasarkan realisasi kegiatan selama Tahun Pelajaran 2009 / 2010 kegiatan OSIS SMA NEGERI  1 PANDAWAI  di atas, maka dapat disampaikan beberapa kesimpulan dan saran sebagai bahan perenungan bagi SMA NEGERI  1 PANDAWAI:
A.                   KESIMPULAN
1.       Sebelum kegiatan rutin dilaksanakan para pengurus OSIS dengan didampingi Pembina OSIS mengadakan kerapatan seperti membuat pagar-pagar kelas (dana mandiri kelas) dan tanaman yang disumbangkan dari kantor kecamatan Pandawai, lopo majalah dinding (dana sekolah dan dana mandiri), membuat bak sampah (dana Sekolah dan dan dana mandiri) dan lain-lain. Kerapatan yang terjadi sebanyak 7 kali dengan biaya konsumsi dari dana osis
2.       Membuat kegiatan mengisi masa penantian penerimaan rapot semester 1 dan 2
3.       Mendukung perlombaan dalam bidang olah raga dengan mengikuti turnamen HUT RI ke 64 (8 besar), karnaval HUT RI ke 64, mengikuti kegiatan ULTAH ke 5 SMAN AHAR, juara O2SN pada 3 cabang (cabang atletik dengan nomor lompat jauh putri juara  I).
4.       Membuat liturgy kecil dalam ibadah bulanan, membuat acara Halal Bihalal
5.       Mengutus peserta didik sebagai anggota PASKIBRAKA di kecamatan Pandawai
6.       Berpartisipasi kedukaan (5 kali) dengan selalu mengutus salah satu pengurus OSIS
7.       Mendukung kelas XII dalam persiapan UN dan UN
8.       Membuat persiapan upacara bendera di sekolah
B.    SARAN
Dalam upaya mencapai hal maksimal dalam pelaksanaan program kerja/Informasi Rencana Kerja OSIS disampaikan saran sebagai berikut:
1.       Membuat perpaduan antara OSIS dengan 4 (empat) wakil kepala sekolah.
2.       Kesadaran peserta didik yang relative tinggi dalam hal kegiatan-kegiatan OSIS selama ini harus dipertahankan dan sedapat mungkin lebih ditingkatkan lagi.
3.       Rendahnya partisipasi dewan guru dan pegawai yang harus diperbaiki.
4.       Pengelolaan keuangan OSIS yang tidak menempatkan keuangan OSIS pada bendahara OSIS hendaklah dilaksanakan pada Tahun Pelajaran ke depan.
Demikianlah kesimpulan dan saran, kiranya mendapat perhatian dari semua pihak stek holder sekolah agar dari pelaksaan program pada Tahun Pelajaran ke depan jauh lebih optimal dan maksimal. Tuhan Memberkati.
Kawangu, Juli  2010

An. Pengurus OSIS Tahun Pelajaran 2009 / 2010
    Ketua,                                                  Sekretaris


Panus Koreh                                        Mersi H. Indah

Mengetahui Pembina OSIS SMA NEGERI  1  PANDAWAI


Ignatius Taluwangu Purwoto, S.Pt
NIP. 19751015 200803 1 001

2 komentar:

Entri Populer